Video wird geladen...

Video konnte nicht geladen werden

Zur Startseite

|๐—ก๐—ผ๐˜€๐˜๐—ฎ๐—น๐—ด๐—ถ๐—ฎ ๐—ฆ๐—ต๐—ผ๐—น๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐˜ ๐—ง๐—ฎ๐—ฟ๐—ต๐—ถ๐—บ, ๐Ÿญ๐Ÿต๐Ÿต๐Ÿฌ๐—ฎ๐—ป| Sholawat yg paling menyejukan di dengar saat ini Semua orang pasti familiar banget sama suara ini. Setiap dengar sholawat ini ingatan sellau kembali ke saat2 dimana semua terasaa baik2 saja๐Ÿ˜จ Suasana apa yang kamu rasakan, gaes? ๐Ÿ˜จ |๐™ด๐š๐š’๐š๐šŽ๐š ๐š‹๐šข: .๐š๐š˜๐š| |๐™ผ๐šž๐šœ๐š’๐šŒ: ๐š‚๐š‘๐š˜๐š•๐šŠ๐š ๐šŠ๐š ๐šƒ๐šŠ๐š›๐š‘๐š’๐š–| |๐š…๐š’๐š๐šŽ๐š˜: @๐š๐šž๐šฃ_๐šœ๐š–๐š’/๐šƒ๐š’๐š”๐šƒ๐š˜๐š”|

15,862 Aufrufe โ€ข vor 3 Tagen โ€ขvia X (Twitter)

0 Kommentare

Keine Kommentare verfรผgbar

Kommentare vom Original-Post werden hier angezeigt

ร„hnliche Videos

๐Ÿšจ Thierry Henry di CBS Sports Golazo โšฝ๏ธ setelah insiden penghinaan rasial Vinรญcius Jรบnior dalam laga Benfica-Real Madrid kemarin: โ€œDengarkan, saya akan mengatakan sesuatu yang cukup kuat di sini. Saya tidak suka Real Madrid, tetapi saya seorang madridista malam ini. Saya tidak peduli dengan seragam apa yang dikenakan Vinรญcius Jรบnior. Saya tidak ingin melihat itu. Saya juga mendengar beberapa orang bilang bahwa itu selalu terjadi padanyaโ€ฆ Lalu kenapa? Jadi pertanyaannya, yang ingin kamu ubah itu subjeknya atau situasinya? Mari kembali ke inti persoalannya.โ€ โ€œApa yang telah dikatakan? Dikatakan bahwa Vinรญcius Jr. adalah monyet. Kita lagi membicarakan apa? Apa yang harus kita lakukan? Dan di atas itu, dia tidak bisa merayakan golnya? Mengapa kita di sini? Apa yang kita bicarakan?โ€ โ€œBukan, ini bukan menggeneralisasi tentang Benfica sebagai klub. Tidak ada yang membicarakannya. Kita semua punya rasa hormat terhadap Benfica. Tetapi, individu itu harus bertanggung jawab atas apa yang ia katakan.โ€ โ€œDia tidak bisa keluar lalu berkata โ€˜Saya tidak mengatakan apa-apaโ€™, nah kenapa kamu menutup mulutmu saat itu? Saya tidak suka berspekulasi. Saya percaya pernyataan Kylian [yang menyebut bahwa ia mendengar Prestianni memanggil Vini Jr dengan sebutan monyet]. Dia meninggalkan pesan untuk saya, ngomong-ngomong. Saya tidak sabar untuk mendengarnya. Saya biasanya tidak membicarakan apa yang saya lakukan di telepon dan sebagainya, kalian tahu itu, tapi ini penting.โ€ โ€œSaya akan menelponnya [Kylian Mbappรฉ] dan saya ingin tahu apa yang dikatakan orang itu [Prestianni]. Tapi pada saat yang sama kita punya video buktinya. Cukup sudah.โ€ โ€œIni permainan yang indah. Tapi kadang-kadang aturan yang kita miliki dalam permainan ini jauh dari apa yang orang lihat di dalam permainan. Apa itu? Kita di sini untuk mencetak gol atau membuat orang bahagia, tapi ketika seorang terluka, kita tidak bertindak, kita malah menyalahkan orang itu.โ€ โ€œSerius, apa yang kita bicarakan? Golnya menghentikan permainan ini? Itu yang kita dengar malam ini. Sebenarnya, golnya membuat saya terkejut, itu yang dia lakukan. Gol itu yang ingin saya lihat [bukan insiden rasismenya].โ€

Seputar Real Madrid

32,106 Aufrufe โ€ข vor 6 Monaten

Hi ENGENE, Berikut adalah PESAN JUNGWON saat LIVE di WEVERSE yang wajib kamu pahami dan ketahui: 1. Posisi ENHYPEN saat jelas, ditegaskan oleh JUNGWON, bahwa mereka adalah grup 6 member saat ini dan seterusnya. Setiap ENGENE harus menghormati hal ini. 2. Terkait Fan Chant versi "lama" yang masih banyak dilakukan oleh beberapa oknum "fans" di venue konser, adalah hal yang seharusnya tidak dilakukan, karena itu sangat mengganggu ENGENE lainnya. 3. Berhenti memperdebatkan jumlah member, karena posisi ENHYPEN telah jelas. Bagi mereka yang menyukai ENHYPEN, mereka akan tau bagaimana cara bertindak. Berikut adalah transkrip lengkapnya: Halo semuanya.... ada sesuatu yang benar-benar ingin aku sampaikan. Sejujurnya, inilah alasan aku memulai siaran langsung ini. Menurutku, ini bukan sesuatu yang bisa kita abaikan begitu saja, apalagi sekarang terjemahan di Weverse sudah tersedia. Aku tahu ada banyak orang yang sangat menyayangi masa lalu kami, dan aku mengerti itu. Banyak orang yang masih mencintai ENHYPEN seperti dulu. Tapi di saat yang sama, sepertinya masih banyak juga yang terus menyangkal ENHYPEN yang sekarang atau tidak mau menerima siapa kami saat ini. Karena sebelumnya kami belum pernah menyampaikan hal ini dengan jelas, ada yang mengatakan bahwa kami tidak pernah memberikan pernyataan resmi, sehingga pembahasan tentang jumlah anggota terus diangkat. Tentu saja, aku memahami perasaan orang-orang yang mencintai ENHYPEN di masa lalu. Tapi sekarang... ENHYPEN adalah enam (6) anggota, semuanya. ENHYPEN adalah enam anggota. Aku juga mengerti kenapa masih ada orang yang melakukan fan chant tertentu saat konser, karena memang sampai sekarang kami belum pernah menyampaikan hal ini secara jelas. Aku paham itu. Tapi sangat menyedihkan melihat ENGENE saling bertengkar karena masalah ini. Sejujurnya, hal itu juga mengganggu penampilan kami. Benar-benar mengganggu. "Karena hari ini aku sudah menyampaikannya dengan jelas, aku rasa siapa pun yang benar-benar menyukai ENHYPEN dan mendukung kami pasti tahu bagaimana seharusnya bersikap ke depannya." Aku akan berbicara dengan sangat jelas karena aku tidak ingin lagi menyampaikan hal ini secara samar. Ketika orang-orang terus mengatakan hal-hal seperti "ENHYPEN itu tujuh orang," yang terjadi hanyalah pertengkaran di dalam fandom kami. Tidak ada yang ingin ENGENE saling bertengkar. Perusahaan tidak menginginkannya. ENGENE juga tidak menginginkannya. Dan yang paling penting, kami berenam juga tidak menginginkannya. Mulai sekarang, secara pribadi aku tidak akan menganggap orang-orang yang terus memicu konflik seperti ini sebagai penggemar. Sejujurnya, inilah alasan utama aku memulai siaran langsung ini. Aku datang mewakili para anggota. Aku sudah berbicara dengan mereka, dan aku menyampaikan ini atas nama kami semua. Lima anggota lainnya juga memiliki perasaan yang sama. Jadi, aku sungguh berharap semua ini bisa berhenti. Seperti yang sudah kukatakan sebelumnya, hal ini benar-benar sangat mengganggu saat konser. Banyak orang menghabiskan uang dan waktu untuk datang menemui kami. Tiket konser tidak murah, dan itu juga tidak adil bagi para penggemar yang datang untuk menikmati pertunjukan. Jadi... aku benar-benar berharap semua orang berhenti melakukan hal seperti ini. Sekarang terjemahannya sudah tersedia, jadi aku rasa semua orang bisa memahami apa yang sedang kusampaikan. Dan untuk memperjelas, aku tidak mengatakan bahwa konser kami di Brasil dan Peru buruk. Konser-konser itu luar biasa. Penampilan kami benar-benar sangat baik. Aku juga sangat menantikan konser kami yang akan datang di Meksiko. Aku sudah menyampaikan posisi kami dengan sangat jelas. Aku mengatakan ini sebagai perwakilan ENHYPEN. Semua anggota lainnya juga memiliki pendapat yang sama. Tolong hentikan hal ini, dan aku berharap semua orang mau meluangkan waktu untuk memikirkannya dengan serius. Pada akhirnya, kami adalah orang-orang yang bekerja dan tampil untuk ENGENE. Dan sejujurnya... melihat semua ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan bagi kami. Diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh ENHYPEN ASIA Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh ENHYPEN INDONESIA

ENHYPEN INDONESIA

35,801 Aufrufe โ€ข vor 1 Monat

#SOTUS10thYearConcertD2 #เธ„เธฃเธดเธชเธชเธดเธ‡เน‚เธ• #KristPerawat #SingtoPrachaya ๐Ÿข: aku setres banget, soalnya Sotus udah berlalu lama banget, udah 6-7 tahun setelah konser terakhir, dan konsernya juga gabungan dari banyak orang. aku gatau apa orang2 yang lain masih "into" sama sotus atau ngga, karena kita hampir nggak ketemu. aku pengen ada orang yg mau diajak diskusi tentang semua yang aku pikirin/konsepin sejak show awal-show terakhir. ini udah bagus atau belum? aku sama sekali ga punya temen untuk diskusi. biasanya aku selalu cerita sama P'Sing, tp P'Sing selalu manut sama aku, dia selalu bilang iya bisa, dia selalu support aku secara maksimal, tp aku butuh orang untuk berargumen, butuh org yg kasih tau yg mana yg harus diperbaiki, yg mana yg masih kurang.. sebelum aku ketemu sama semua orang di ruang latihan, aku overthinking banget. contohnya pas aku ngonsepin lagu Tasty & Let's Go buat P'#OffJumpol, aku gatau dia itu sepengen apa bawain lagu itu. aku tuh sayang banget sama mereka, aku takut apa yg aku konsepin itu terlalu berat buat mereka. awalnya aku stress banget tp setelah aku ketemu sama mereka semua rasanya satu gembok aku terbuka, aku paham banget sama staff2 yg mikirin show sampe mendalam banget, bener2 nyari hal kecil untuk detail2nya, nambahin ini, nambahin itu. atau misal lagu yg mereka nyanyiin tanpa aku, waktu aku ngonsepin aku jg panik, aku overthink apa mereka mau joget ga ya? #GunSmile oke gak yaa? bikin aku tiap selesai latihan, sampe di rumah aku selalu telfon P'Sing. selama 2 minggu ini aku selalu telfon P'Sing tiap malem. aku selalu nanya "mereka beneran OK gaksih? atau cm sungkan sm aku aja?" tp ternyata mereka smua OK dan membuat aku lega dan kekhawatiranku bisa hilang. aku mau makasih ke P'Sing bgt krn selama 2 minggu ini P selalu angkat telfonku tiap malem. kita ngobrol makin banyak banget... apalagi setelah ketemu sama mereka semua, melihat mereka semua sangat baik dan mereka terlihat saling kangen satu sama lain. itulah hal yg aku harapkan selama ini. aku mau makasih jg ke P'Sing karna selalu ada disamping aku, dulu aku ga berani telfon dia, tp skrg kita ngobrol banyak banget. makasih ya P' udah mau tahan sama aku, P' bantu aku banyak banget. ๐Ÿฆ: walaupun kadang kamu telfon aku cuma diem aja? ๐Ÿข: tapi P adalah pendengar yg baik... apapun yg aku bilang P pasti jawab "iya.. paham.. paham kok" ๐Ÿฆ: aku blg "bentar ya kit aku mau mandi.." dijawab "gausah dimatiin, gausah dimatiin " ๐Ÿข: biasanya PSing mandi, aku jg mandi biar nanti bisa main game bareng trus jadi panjang. intinya aku mau makasih sama konser ini yg bikin kita jadi semakin dekat. kita emg udh kenal 10 tahun, tp kedepannya kita akan saling belajar dr satu samalin terus menerus. masih banyak yg harus kita hadapi kedepannya.. jadi.. makasih yaa

inn

37,328 Aufrufe โ€ข vor 1 Tag

Gaes, saya baru saja salat Id di Central Mosque Bari, Italia Selatan. Rasanya unik banget. Di tengah kota pelabuhan tua di pesisir Adriatik ini, saya duduk bersimpuh bersama jamaah dari begitu banyak bangsa. Italia, Maroko, Tunisia, Albania, Pakistan, Bangladesh, Afrika, dan saya dari Indonesia. Sendirian. Bahasa mereka berbeda, warna kulit berbeda, tradisi berbeda, tapi saat takbir berkumandang, semua larut dalam satu kalimat yang sama. Allahu Akbar. Yang menarik, Bari ternyata punya sejarah Islam yang panjang, meski jarang diketahui orang. Pada abad ke-9, kota ini pernah menjadi pusat Emirat Bari (847โ€“871 M), sebuah pemerintahan Muslim yang berdiri di Italia Selatan. Saat itu Bari bahkan menjadi salah satu simpul penting perdagangan dan peradaban Islam di kawasan Mediterania. Jadi, jauh sebelum hari ini ada komunitas Muslim modern di sini, jejak Islam sebenarnya sudah pernah tertanam di kota ini lebih dari seribu tahun lalu. Hari ini, sejarah itu seperti terasa hidup kembali. Di Central Mosque Bari, saya melihat bagaimana Islam hadir sebagai jembatan lintas bangsa. Anak-anak kecil berlarian dengan baju terbaiknya, para orang tua saling bersalaman, jamaah saling mengucap Eid Mubarak dengan logat yang berbeda-beda. Ada sesuatu yang selalu menggetarkan ketika merayakan Idulfitri jauh dari tanah air. Kita jd sadar bahwa umat ini benar-benar satu tubuh, melampaui batas negara. Dari Bari, Italia Selatan, tampak bahwa Islam bukan sekadar identitas geografis. Ia adalah rumah yang bisa ditemukan di mana saja. Eid Mubarak dari Bari. ๐ŸŒ™โœจ

Ismail Fahmi

28,475 Aufrufe โ€ข vor 3 Monaten

mama keonho pernah bilang โ€œGunain mental atletmu di dunia idol, itu akan berguna.โ€ dan sekarang gue benar-benar bisa melihatnya dalam diri keonho. Mentalnya pasti sudah begitu kuat sampai dia berani menanggung konsekuensi dari pilihannya sendiri. Keonho baru 17 tahun, tapi cara dia menghadapi semuanya benar-benar bikin gue bangga. Di saat Cortis dihujat, dituduh macam-macam, bahkan ketika agensi memilih diam, dia justru berani maju buat klarifikasi, nulis surat, dan speak up untuk meluruskan hal-hal yang nggak benar. Gue rasa dia pasti tahu konsekuensinya begitu dia buka suara, tapi dia tetap memilih maju karena dia nggak mau fitnah tentang Cortis terus berkembang semakin jauh. Sekarang justru dia yang harus menerima begitu banyak kebencian dari orang-orang dan jujur sedih banget lihat anak 17 tahun yang cuma ingin bermusik, berkarya, dan mengejar mimpinya harus menghadapi semua ini. Tapi di balik rasa sedih itu, gue juga benar-benar bangga sama dd, dia tumbuh jadi anak yang gentle dan punya keberanian yang besar untuk berdiri paling depan ketika orang-orang yang dia sayang sedang diserang. dd kamu emang selalu keren โ˜น๏ธ๐Ÿค Semoga setelah semua ini, keonho dan Cortis selalu dikelilingi orang-orang baik, sukses, dan selalu dilindungi dari segala hal buruk. Semoga semakin banyak orang yang melihat hati dan ketulusan kamu ya dd, bukan cuma suara-suara jahat yang sekarang berusaha menjatuhkanmu. Proud of you always, dd ๐Ÿฅน๐Ÿ’Œ KEONHO IS NOT A SHIELD #BIGHITDOBETTER #PROTECTKEONHO #KEONHO #๊ฑดํ˜ธ

asha love keonho

99,339 Aufrufe โ€ข vor 6 Tagen

Ada yang spesial dari lagu tribun milik suporter PSS Sleman. Bukan cuma soal nada atau seberapa keras dinyanyikan, tapi tentang makna di tiap liriknya. โ€œSetiap jejak yang kutinggalkan, menapaki harum kemenanganโ€ Kalimat ini bukan cuma tentang kemenangan di papan skor. Tapi tentang perjalanan panjang yang dilalui bersama klub yang dicintai. Tentang ribuan langkah menuju stadion. Tentang perjalanan kandang ataupun tandang yang melelahkan. Tentang hujan di tribun, suara yang habis karena bernyanyi, dan rasa bangga yang selalu dibawa pulang, apa pun hasil akhirnya. Karena bagi suporter, setiap jejak yang ditinggalkan bersama PSS selalu punya cerita. โ€œSuper Elja, lihatlah, kami datang di sini. Menemani, berjanji, kamu takkan sendiriโ€ Mungkin ini bagian yang paling menggambarkan arti loyalitas sebenarnya. Di saat banyak orang hanya datang ketika tim sedang menang, tribun Sleman justru dipenuhi mereka yang memilih bertahan saat keadaan sulit. Tetap hadir meski kecewa. Tetap bernyanyi meski lelah. Tetap berdiri walau klub sedang tidak baik-baik saja. Sebab mendukung klub bukan soal siapa yang paling sering merayakan kemenangan. Tapi siapa yang tetap tinggal ketika semuanya terasa berat. โ€œBersamamu, semangatku tak akan berhentiโ€ Dan itulah yang membuat lagu ini terasa hidup ketika dinyanyikan ribuan orang bersama-sama. Karena itu bukan sekadar chant tribun. Itu janji. Janji kalau sebesar apa pun masalah yang datang, PSS tidak akan pernah berjalan sendiri selama masih ada suara-suara yang setia bernyanyi di tribun. โ€œDan pastikan kami sโ€™lalu datang melihatmu menangโ€ Sesederhana itu harapan seorang suporter. Datang ke stadion. Bernyanyi selama 90 menit. Mendukung tanpa henti. Lalu pulang dengan rasa bangga karena klub yang dicintainya berhasil menang. Karena sejatinya, sepak bola bukan cuma tentang pertandingan. Tapi tentang rasa memiliki yang membuat seseorang terus kembali, lagi dan lagi, untuk satu nama yang sama: Super Elja. #PSS #BCSxPSS

404Vids

32,865 Aufrufe โ€ข vor 2 Monaten

Akhirnya video ini bisa saya posting, setelah disimpan bertahun2, peristiwa yg bikin saya sedih. Ini video bersama Prof Mahfud MD yg diambil tgl 9 Agustus 2018 di restoran Tesate ketika menunggu pengumuman ditetapkannya calon wakil presiden yg akan mendampingi presiden Joko Widodo periode kedua. Waktu itu hampir dipastikan Pak Mahfud yg akan menjadi cawapresnya, makanya kami udah standby & tinggal menyebrang aja ke restoran Plataran tempat deklarasi. Video ini rencananya akan saya posting setelah resmi diumumkan. Waktu itu ngga ada yg beritahu kalo pak Mahfud digantikan oleh Abah KH. Ma'ruf Amin, semuanya baik2 aja, sampai kemudian saya share video ini ke WAG keluarga yg di dalamnya ada adikku Ace Hasan Syadzily yg cepat merespon video ini: "teh nong, videonya jangan diposting! Cawapresnya bukan pak Mahfud jadinya Abah Ma'ruf." Saya kaget, langsung saat itu juga telpon ace dan mendengar penjelasannya. Setelah menutup telpon Ace, buru2 saya bisiki pak Mahfud dan menyampaikan perkembangan yg terjadi. Pak Mahfud kaget, panggil mas imam utk menelpon Pak Pratikno. Setelah telpon2an itu, nampaknya mendapat konfirmasi kalo pak Mahfud ngga jadi dideklarasikan spt info yg saya dengar dr Ace. Di situlah kemudian suasana di restoran Tesate berubah, yg tadinya riang gembira menjadi sendu gulana. Pelan2 kami membubarkan diri dan kembali ke Kantor pak Mahfud di daerah Kramat. Kami jadinya menonton bareng2 deklarasi pengumuman dari TV di ruang tengah kantor. Saya memahami perasaan pak Mahfud saat itu tapi saya kagum bgt beliau bisa menutupi perasaannya. Setelah acara deklarasi selesai pak mahfud menerima telpon presiden Jokowi & diminta menghadapnya di istana. Kami menunggunya di kantor sampai pak Mahfud pulang dr istana. Kita semua tahu apa yg terjd. Singkat cerita, dari peristiwa ini, saya melihat kesabaran, kebesaran hati & kesetiaan pak mahfud meski diprank level tinggi beliau ngga baper sama sekali. Beliau lebih mengutamakan mengabdi utk negeri. Hari ini kita menjadi saksi bahwa inilah jalan hidup pak Mahfud, bersama mas Ganjar Pranowo insya Allah akan memimpin negeri ini. Ayo kita bersama mendukung & memilihnya. Qabul! #throwback #GanjarMahfud2024

IG: Nong Andah Darol Mahmada

12,249 Aufrufe โ€ข vor 2 Jahren

soobin nangis denger yeonjun akhirnya terbuka sama dia setelah bertahun-tahun ๐Ÿฅน ๐ŸฆŠ belum lama ini aku selesai promosi solo albumku. aku mulai terpengaruh dengan kata-kata orang sekitar dan itu bikin aku stres, tertekan dan bikin aku agak goyah. aku kena burnout selama 3 bulan. dulu aku orang yg terbuka kalau lagi capek. aku bilang "ah, aku capek..." tapi entah sejak kapan aku jadi gak terbuka lagi soal itu. bisa jadi itu bentuk rasa menghargai orang lain (gak mau ganggu), atau mungkin aku merasa kalau aku harus belajar menyelesaikan masalahku sendiri. saat aku lagi bingung harus gimana, aku keingat sama namjoon hyung. aku datang ke dia dan tanya banyak hal. dari banyak yg dia ucapin, aku paling ingat namjoon hyung bilang "aku berharap kamu lebih sering berani buat menghadapi hal-hal yg terasa gak nyaman. aku senang liat kamu memikirkan hal-hal seperti ini". sebenarnya ada beberapa momen dimana aku dan soobin bertengkar dan canggung satu sama lain. aku mau meluruskan itu semua satu per satu. ternyata banyak banget kesalahpahaman yg selama ini terjadi di pikiranku. makanya aku duluan datang ke soobin bilang "hei, ayo minum bareng!" ๐Ÿฐ kayak yg tadi yeonjun hyung bilang, dia tipe orang yg menyembunyikan perasaannya. dia gak mau kasih beban pikiran ke orang lain dan berusaha buat menyelesaikan masalahnya sendirian. tapi ketika kesulitan, itu keliatan jelas! ๐ŸฆŠ (aku) parah banget... ๐Ÿฐ bilangnya "gapapa" tiap ditanya, tapi jelas banget keliatan lagi kesulitan dan itu bikin aku sedih. tiap kali aku yg datang duluan buat ajak dia ngobrol, dia selalu berusaha buat sembunyiin perasaannya. aku ngerasa dia menciptakan tembok di antara kami. tapi saat kami minum bareng, dia mengungkapkan perasaannya secara jujur setelah bertahun-tahun lamanya. hari itu aku nangis. dengar dia cerita air mataku keluar gitu aja... ๐ŸฆŠ aku udah lama gak liat dia nangis ๐Ÿฐ dia adalah sosok yg paling bikin aku khawatir dan aku tau yeonjun hyung saat itu lagi di masa-masa sulit. (ngeliat yeonjun jujur sama perasaanya) hatiku jadi senang karna keliatannya dia lagi ada di proses untuk menjadi orang yg lebih baik lagi

nana | txt cb 'stick with you'

149,198 Aufrufe โ€ข vor 5 Monaten

Andai saya Jokowi... (menjawab video Pandji Pragiwaksono, silakan membaca atau mendengarkan suratnya saya membacakan) Mas Pandji yang terhormat, izinkan saya merespon video Mas Pandji yang ditujukan ke saya. Saya dengar Mas Pandji di Pilpres kali ini, tak mendukung Pak Anies seperti halnya di Pilgub DKI 2017 lalu. Mas Pandji beralasan bahwa Pak Anies seharusnya melanjutkan dulu perubahan yang Pak Anies lakukan di Jakarta. Mas Pandji, alasan itulah yang mendasari saya merasa harus ikut cawe-cawe dalam pilpres kali ini. Menurut Mas Pandji, apa yang dibangun Pak Anies di Jakarta selama 5 tahun bisa sia-sia jika dilanjutkan gubernur lain yang tidak satu visi karena pondasi yang dibuat selama 5 tahun belumlah cukup kuat. Begitu juga di posisi Presiden, perlu Mas Pandji sadari, bahwa membangun pondasi selama 10 tahun itu belum cukup kuat karena negara ini sangat besar. Sejak 2014, saya sudah memulai sebuah perubahan besar. Perubahan besar yang saya mulai ini, menurut saya, harus terus berlanjut. Pembangunan pondasinya saja belum benar-benar selesai, akan besar sekali kerugian negara ini jika pondasi itu dibongkar kembali. Jika di pemerintahan selanjutnya, arah pembangunan harus diubah lagi, maka pembangunan tidak akan sampai ke tujuan karena kita harus sibuk membuat pondasi lagi. Kita pastinya tidak mau itu terjadi. Kita tidak ingin setiap kali pergantian pemerintahan, isu yang diangkat adalah perubahan. Kondisi yang terus berubah pasti tidak kondusif bagi dunia usaha. Sebagai bangsa, kita masih terus berproses agar suatu saat nanti, pergantian kepemimpinan nasional tidak lagi mengubah arah pembangunan bangsa ini ke depan. Arah pembangunan akan tetap pada jalurnya siapapun presidennya. Bayangkan, pembangunan sekelas IKN pun bisa terancam tak dilanjutkan hanya karena ada pihak yang tidak suka dengan saya. Pembangunan IKN, jalan tol, jalur kereta api, atau pembangunan yang lain, semua itu bukan tentang saya. Itu kepentingan bangsa yang jauh lebih besar dari sekadar nama pribadi saya. Saya rela nama saya dihapus dan tidak disebut sebagai pencetus pada program-program pembangunan itu asalkan semua program itu tetap dilanjutkan. Jadi, ini bukan tentang saya, ini untuk kepentingan bangsa ke depan. Pembangunan ini harus tetap jalan. Ini bukan tentang saya, apalagi tentang keluarga saya. Ini tentang Indonesia yang sudah menentukan arah pembangunannya, dan saya tidak ingin kita berbelok dan memulai dari nol lagi. Betapa mahalnya pengorbanan kita yang terbuang jika kita mulai dari nol lagi. Siapa yang dirugikan? Rakyat Indonesia. Kalau saya pribadi, apapun yang terjadi di pemerintahan selanjutnya, insya Allah saya dan keluarga masih bisa hidup layak. Jadi, ini bukan tentang kehidupan saya. Ini tentang kerugian negara ini jika pembangunan ini tidak dilanjutkan. Untuk bangsa ini, saya rela kalau hanya dituduh: - Jokowi memanipulasi konstitusi. - Jokowi membangun politik dinasti. - Jokowi otoriter. - Jokowi perusak demokrasi. - Gibran anak haram konstitusi. Silakan saja menuduh saya dan keluarga. Perlu Mas Pandji ketahui bahwa dari orang tua saya, saya pribadi, hingga anak-anak saya, sudah terbiasa mendapatkan tudingan yang jauh lebih buruk dari itu. Tujuan saya melakukan cawe-cawe ini hanya satu, yaitu Indonesia yang lebih baik di masa depan. Tidak masalah saya dituduh melanggar etika, yang penting saya dan keluarga saya tidak melanggar hukum dan bisa melihat Indonesia menjadi lebih baik. Tidak masalah saya dituduh melanggar etika, karena tuduhan itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan besarnya manfaat yang akan kita raih untuk negara ini. Mas Pandji, sekarang coba kita ingat ucapan Bung Karno, "Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri." Nah, Mas Pandji sekarang tahu, kan, bagaimana beratnya perjuangan saya menghadapi semua tudingan itu? -lanjut๐Ÿ‘‡-

Hasyim Muhammad

372,050 Aufrufe โ€ข vor 2 Jahren

Q: Lulus kuliah dan sudah hampir setahun nganggur. Sekarang udah mulai hopeless. Harus gimana ya? Sebenarnya, yang berbahaya dari nganggur โ€“ selama kamu masih bisa bertahan hidup โ€“ menurut gw bukanlah belum mendapat pekerjaan. Tapi saat kamu merasa stuck, males melakukan apa-apa, hopeless, gak ada semangat hidup, atau burnout. Itu lebih bahaya. Dan ini biasanya karena nggak terjadi feedback loop dari cara kamu berproses. Kalau kamu masih muda banget (baru lulus) dan belum ada tanggungan, sadari bahwa kamu punya unfair advantage yg gak semua orang punya: energi, waktu, dan gak ada resiko finansial yang fatal. Sadari itu dulu, dan coba bersyukurlah. Dengan bersyukur kamu bisa lebih tenang dan siapa tau dimudahkan juga rezekinya. Nah kalau kamu udah coba apply ke ratusan lamaran di berbagai job portal dan belum ada feedback apa2, menurut gw cukup jelas ada pada strategi. Kamu mungkin tetap melakukan satu hal yang sama berulang2 walau hasilnya nggak optimal. Ini juga membantu kamu agar gak terjebak di situasi yang sama. Sadari bahwa ada hal2 yang di dalam dan di luar kontrol kamu. Jumlah job opportunity yang adam, dapet offer letter dari perusahaan juga gak bisa kamu kontrol. Yang dalam kontrol kamu adalah usaha untuk meningkatkan keahlian, dan bersiap yang terbaik kalau opportunity datang. Posisikan diri untuk bisa semudah mungkin keberuntungan menemukan kamu. Pelajari hal2 yang perlu seperti bikin CV dengan format yang bagus dan bisa memperlihatkan keahlian kamu dengan baik. Tapi isi CV-nya juga harus berkualitas, dan itu hanya bisa dicapai dengan bikin pencapaian yg didapat dengan skill. Kalau belum punya skillnya, belajar. Share juga prosesnya di blog, linkedin, atau social media apapun. Buat project sendiri, lalu bagikan lagi ke publik dan masukkan itu di CV. Jadi selama kamu masih mencari pekerjaan, yang kamu lakukan bukan cuman apply di job portal dan menunggu. Kamu bakal selalu sibuk. Walau belum dapet kerja dan dapet panggilan interview, anggep cari kerja dan upskilling itu fulltime job kamu sekarang. Bangun pagi, ganti baju saat working hours, pergi ke perpustakaan, pulang saat jam kerja selesai. Lakukan hal2 yang membuat keberuntungan itu mudah untuk kamu dapatkan. And lastly, donโ€™t end the week with nothing. Usahakan sekuat tenaga, di akhir minggu ini kamu akan sedikit lebih baik dari pada kamu di minggu lalu. Dengan belajar hal baru, ikut course, bikin project, reachout leaders di perusahaan yang kamu targetkan pakai linkedin, dokumentasikan perkembangan diri, buat beberapa versi CV untuk versi role yang berbeda, dan lain lain. Apapun. Yang penting jangan biarkan satu minggu berlalu tanpa ada progres. Oh ya, pastikan kamu juga bisa dapet support dari orang tua dan keluarga yang tinggal bareng kamu. Kasih tau plan kamu apa. Soalnya ini juga penting. Gw rekomendasikan sehari2 kegiatan kamu lakukan diluar aja, di perpustakaan misalnya. Biar bisa lebih fokus. Dan siapa tau di perjalanan ini ternyata kamu dapet insight tertentu, yang membuka peluang ke hal2 baru. Jadi pengusaha, bikin toko, freelance, atau penulis webtoon misalnya. Dan itu keren juga kok!

Anas

442,935 Aufrufe โ€ข vor 3 Jahren

Guys, ini video YouTube Short yang bikin gue langsung pause dan mikir: "Ini serius atau cuma prank gila aja?" Ada akun yang lagi viral di Tiktok gara-gara training sekumpulan gagak liar supaya tiap hari bawa duit buat dia. Bukan main-main, dia beneran mau ngumpulin uang lewat burung-burung pintar ini. Coba baca kronologisnya dibawah: Awalnya dia cuma temenan sama gagak-gagak liar. Kasih makan tiap kali mereka sentuh uang. Minggu pertama, gagak-gagak ini mulai ngerti: "Sentuh uang = dapet makanan enak." Beberapa hari kemudian? Mereka udah mulai nyolong dollar dari dia sendiri, lalu dikasih lagi demi dapet makanan Minggu berikutnya, dia ajarin mereka masukin koin ke gelas. Polanya sama, masukin koin = dapet makan. Langkah akhir? Dia kirim sekumpulan gagak ini keluar berburu duit ke mana-mana dengan harapan gagak ini kembali membawa dollar dan bawa pulang ke dia. Tapi ini bukan cuma konten lucu soal burung pintar. Ini cerminan ambisi manusia yang gila-gilaan plus kecerdasan gagak yang underrated banget. Gagak itu binatang paling pintar di dunia โ€” mereka bisa ingat muka orang, ngajarin anaknya, bahkan bikin tools. Gagak itu bukan burung biasa. Mereka punya otak selevel primata, ingatan jangka panjang gila-gilaan, dan watak yang super hitam-putih soal manusia. Kalau lo kasih makan? Mereka bisa jadi temen setia seumur hidup. Gagak nggak cuma dateng tiap hari. Mereka nginget muka lo selamanya. Mereka anggap lo bagian dari โ€œkeluargaโ€ mereka. Banyak kasus dokumentasi di mana gagak balas kasih โ€œhadiahโ€ โ€” kancing, manik-manik, kunci rumah, pecahan kaca mengkilap, bahkan separuh kalung hati. Kalau lo melukai atau bikin mereka kesel? Entah ngejar, nembak, nangkep, atau bahkan cuma bikin mereka takut sekali โ€” mereka nginget muka lo selamanya. Bukan cuma dia, tapi seluruh kawanan. Bahkan anak-anaknya yang belum lahir waktu kejadian pun bakal diajarin untuk langsung nyerang: jerit-jerit, mobbing, dive-bombing ke orang yg melukai mereka. Ini hasil penelitian ilmiah John Marzluff dari University of Washington yang udah puluhan tahun ngulik gagak. Kembali ke konteks video, cowok ini ngajarin mereka "touch money = reward". Bayangin kalau sistem ini works beneran? Dia bakal punya pasukan gagak yang terbang ke seluruh kota, ngambil koin, uang jatuh, bahkan duit di ATM yang lupa ditutup orang? Apa yang bakal terjadi selanjutnya kalau ini beneran lepas kendali? Pertama, duit yang mereka bawa pasti bukan cuma "uang jatuh di jalan". Gagak liar ini bisa nyolong dari dompet orang, dari meja kafe, dari mobil yang kaca setengah turun. Bayangin lo lagi duduk di warung kopi, tiba-tiba gagak mendarat, ambil recehan lo, dan terbang pergi. Thats why its illegal to pet crow in certain country Kedua, yang paling bikin gue merinding: efek domino ke gagak-gagak itu sendiri. Mereka udah belajar "uang = makanan". Kalau si cowok berhenti kasih reward? Mereka bakal tetap nyari duit sendiri. Bahkan ngajarin anak-anak gagaknya. Generasi maling berbulu hitam yang turun-temurun. Kota bakal punya "crow mafia" kecil-kecilan. Dan yang paling seru sekaligus bahaya: ini bukti manusia selalu cari jalan pintas buat kaya cepet. Bukan kerja keras, bukan usaha biasa โ€” tapi manfaatin kecerdasan hewan buat kerja kotor. Lucu di video, tapi di dunia nyata? Bisa jadi inspirasi buat orang lain yang lebih nekat. "Kalau gagak bisa, kenapa nggak monyet atau anjing liar?" Gagak yang dia latih bisa ingat muka. Kalau suatu hari dia nggak kasih makan lagi, atau dia pindah rumahโ€ฆ burung-burung itu tahu di mana dia tinggal. Balas dendam ala gagak? Bisa jadi horor ringan. Intinya, video ini bukan cuma hiburan 60 detik. Ini gambaran kecil dari sifat manusia: kreatif, nekat, bodoh, dan tidak berpikir konsekuensi kedepan.

goods stuff

49,554 Aufrufe โ€ข vor 4 Monaten

Pernah punya pasien mantan pejabat Ngamuk di UGD krn merasa ribet dgn aturan BPJS Gaya masih sok orang besar, selalu merendahkan orang lain.. Maunya pakai BPJS tapi nda mau ikut aturan BPJS Namanya juga Sistem, ngga kenal mantan pejabat Kalau data nda lengkap, ya sistem tidak akan bisa dibuka, pilihannya bayar pribadi atau harus melengkapi Karena bicaranya sombong & merasa paling benar, kesal juga sayaโ€ฆ Akhirnya saya bilang.. โ€œ Maaf ya Pakโ€ฆterpaksa saya harus katakanโ€ฆ.Inilah fakta keruwetan yg selama ini di alami rakyat & kami nakes, akibat sistem kesehatan yg tidak Pro Rakyat โ€ฆcoba waktu Bapak menjabat dulu, kekuasaan Bapak dipakai untuk membuat aturan yg baik, kan hari ini Bapak tidak akan mengalami hal tidak menyenangkan ini, jadi tolong sabar saja menjalaninya seperti kami selama ini โ€œ Saya berharap dgn cerita ini, para Pejabat & Bapak-Ibu dewan di gedung Rakyat ingat bahwa jabatan tidak akan abadiโ€ฆkebijakan yg Bapak-Ibu buat saat ini, nanti akan berefek pada Bapak-Ibu juga keluarga. Saat ini mungkin Bapak-Ibu masih diatas Kelak jika turun lagi ke Rakyat, belum tentu nasib Bapak-Ibu akan selamanya diatas Roda akan terus berputar Dan setiap kita akan menuai dari apa yg telah kita perbuat Kebaikan yg kita lakukan, kebaikan yg akan kita tuai Juga sebaliknya, keburukan yg kita lakukan, keburukan pula yg akan kita tuai Jadi bijaklah dalam bersikap.. Gunakan hati nurani dalam membuat kebijakan Nasib Bangsa & Negara saat ini ditangan Bapak-Ibu sekalian Ratusan tahun kita di jajah, Banyak darah pejuang yg tumpah demi memperjuangkan kemerdekaan Jangan sampai krn kebijakan yg salah.. Hilang sudah kedaulatan negara Hancur masa depan bangsa Hancur Indonesia Raya Terjajah lagi rakyat Indonesia Tolong demi Ketahanan Nasional Tolak RUU Kesehatan Omnibuslaw yg patut dicurigai, dibuat bukan krn kepentingan Rakyat #TolakRUUKesehatanOmnibuslaw #tolakkapitalisasikesehatan Rakyat & Nakes Bersatu, Pasti Bisa โœŠ๐ŸปโœŠ๐Ÿป Mohon Doa & Dukungan Saudara kami semua, dukung perjuangan ini Demi masa depan kita, anak - cucu dan masa depan Indonesia Demi rakyat Indonesia, kami penerus Boedi Oetomo akan hadir putihkan Jakarta, mengobati kebijakan yg sakit Kami terpaksa kembali turun ke jalan 5 Juni 2023, 5 OP bersatu melawan arogansi kekuasaan..demi Rakyat โœŠ๐Ÿป Panjang Umur Perjuangan โœŠ๐Ÿป

Eva Sri Diana Chaniago

136,122 Aufrufe โ€ข vor 3 Jahren

#STELLA memilih #YE_ON sebagai ํ‚น๋ฉค (kingmem), member yang paling bikin gemas sampai kesal atau kewalahan DEDE KENA ROASTING๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ‘ค : Hana dul set !!! ๐Ÿฉต : Waaah! Hah? Yeon? Yeon? Itu Yeon! ๐Ÿง : Yeon, Nawaaa (keluar) ๐Ÿ‘ค : Loh, tapi sepertinya dia malah paling senang dipilih, ya? Senyum-senyum tuh. Ini apa sih? Penasaran banget. Dia pernah menari laguku. Hah? Tunggu, itu kan lagu kami? Hei, hak cipta, dong! ๐Ÿฉต : Yah, hip-hop banget, hip-hop! Wah~ ๐Ÿง : Biar aku jelaskan. Kenapa Yeon jadi king member pilihanku. Waktu menjawab pertanyaan ini, sebenarnya ada sesuatu yang bikin aku agak sedih sama Yeon. Waktu itu aku juga sudah bilang ke dia. ๐Ÿ˜Š : Kenapa? ๐Ÿง : Aku bilang, "Belakangan ini rasanya kamu sudah nggak mendekatiku lagi. Rasanya kamu juga jadi jarang mengajakku ngobrol." Tapi Yeon bilang, "Bukan kok. Aku memperlakukan semua unnie sama. Tapi menurut perasaanku, akhir-akhir ini dia memang agak ngga mendekatiku. ๐Ÿซ› : Terus aku juga mau bilang satu hal. Jujur saja, Yeon itu suasana hatinya gampang berubah. ๐Ÿง : Ah~ benar. ๐ŸŒป : Tapi kalau ke aku sih nggak begitu. Soalnya aku kan unnie favorit Yeon. ๐Ÿซ› : Eh, bukan cuma ke kamu! ๐Ÿง : Hei, ini waktuku ngomong. Kamu diam dulu! ๐Ÿซ› : Bukan! ๐ŸŒป : Ayo lanjut ngomong. ๐Ÿง : Makanya aku jadi agak sedih. ๐Ÿ˜Š : maksudku... bukan begitu. Mulai sekarang aku akan berusaha. Oke? Supaya unnie nggak merasa sedih lagi. ๐ŸŒป : Oh,bakal berusaha! ๐Ÿ‘ค : Jadi memang ada sedikit sifat yang tergantung suasana hati, ya. ๐Ÿซ› : Dia cuma datang kalau lagi mood bagus. Terus mulai manja, "Unnie~" gitu. ๐Ÿง : Memang biasanya dia sering banget bermanja-manja. Datang ke aku, terus nggelitik aku juga. ๐Ÿ‘ค : Oh, jadi kadang dia juga suka usil gitu? Kayak mengganggu orang? ๐Ÿง : Iya, betul. Memang begitu. ๐Ÿ‘ค : Wah, ternyata ya. Dari luar kelihatannya sama sekali bukan tipe yang seperti itu, tapi ternyata dia punya pesona yang bertolak belakang. ๐ŸŽ€ : Pesona yang bertolak belakang! Duh, dibungkus jadi terdengar bagus banget. ๐Ÿฉต : "pesona yang bertolak belakang." Hah? Kok bisa dibawa ke arah situ? Hahahaha ๋ฐ˜์ „ ๋งค๋ ฅ banjeon maeryeok "pesona yang tak terduga" atau sisi diri yang berlawanan dengan kesan pertama sehingga terasa menarik #Hearts2Hearts #ํ•˜์ธ ํˆฌํ•˜์ธ  #H2H

mel๐Ÿ€

23,800 Aufrufe โ€ข vor 1 Monat

Trump: Saya-lah yang Menempatkan Jolani Di video ini, Trump berkata, "Presiden Suriah, yang pada dasarnya saya tempatkan di sana, melakukan pekerjaan yang luar biasa. Dia orang yang keras; dia bukan anak baik-baik. Anak baik-baik tidak akan bisa melakukannya. Tetapi Suriah sedang bersatu, benar-benar bersatu dengan baik, dan sejauh ini dia sangat baik kepada Kurdi.โ€ Siapa Presiden Suriah? Tak lain eks-ISIS (pernah dipenjara AS di Irak selama 4 tahun), lalu ke Suriah bergabung dengan Al Qaida dalam proyek penggulingan Bashar Assad. Nama aslinya konon Ahmed Al Sharaa, selama "berjihad" ia nama samaran Abu Mohammed al-Jolani. Awalnya, kelompoknya bernama Jabhah Al Nusra (Al Qaida cabang Suriah) dan resmi masuk daftar teroris oleh PBB. Lalu, JN ia ganti nama jadi Hayโ€™at Tahrir al-Sham (HTS). Setelah akhirnya mereka menggulingkan rezim Bashar al-Assad pada Desember 2024, HTS ia bubarkan. Jihad dan khilafah apa kabar? Ya ga ada kabarlah. Dia ganti jubah jihadnya dengan jas dan dasi. Ia bersalaman dengan pemimpin negara-negara Barat. Sikap terhadap Israel? Kadang ngomel-ngomel dikit, karena Israel terus merangsek masuk menguasai sejumlah kawasan di Suriah, termasuk Dataran Tinggi Golan dan Gunung Hermon, dimana jarak tembak Israel dari sana cuma 40 km ke Damaskus. Tapi terhadap Israel, tidak ada jihad. "Suriah tidak bisa perang lagi, dan musuh yang dihadapi saat ini adalah Iran dan Hizbullah," kata Jolani ke wartawan. Saya (dan banyak rekan di medsos) sudah sejak lamaa.. sejak 2012 nulis soal agenda AS menggunakan proxi jihad ini. Banyak sekali tekanan dan kerugian yang saya dapatkan gara-gara terus menulis soal Suriah. Banyak sekali tekanan dan kerugian yang saya dapatkan gara-gara terus menulis soal Suriah. Awalnya, karena ada media online pendukung jihad menobatkan saya jadi "tokoh Syiah" dalam semalam, friend FB berkurang nyaris 2000. Lalu berlanjut tekanan dan intimidasi jahat, di dunia nyata maupun maya, bahkan juga kerugian bisnis. Tapi di saat yang sama, saya menemukan teman-teman sejati. Yang tetap setia, tetap mau berteman, dan memberikan dukungan dengan cara mereka masing-masing. Banyak yang bersama saya dan melindungi saya, dengan berani menggelar acara-acara bedah buku Prahara Suriah dan Salju di Aleppo, meski kemudian digeruduk fans "jihadis." Pernah minta tolong polisi di sebuah daerah, eh malah kami yang disuruh bubar. Untuk mereka semua, saya ucapkan terima kasih banyak. InsyaAllah semua kesulitan yang pernah kita lalu, ga sia-sia, pahalanya dicatat rapi oleh malaikat. Begitu juga, semua fitnah, caci-maki, dan kata-kata jahat kalian para Wahaboy, juga dicatat dan akan ada hitungannya di hari akhir nanti. Saya percaya, kebenaran pasti akan terungkap, cepat atau lambat. Sebenarnya sih kebenaran soal Suriah ini sudah lama terungkap, tapi masih banyak yang pura-pura ga tau. Sekarang setelah Trump mengaku, entah apa lagi alasan mereka. Sebenarnya, Trump ini sama saja dengan Bush, Obama & Biden; sama-sama diam-diam memanfaatkan Al Qaida untuk proyek mereka. Bedanya, Trump blak-blakan, sementara yang lain menutup-nutupi dengan jargon HAM & demokrasi. CATATAN: Saya mengungkap siapa yang berada di balik proyek Al Qaida & ISIS ini, tapi di saat yang sama, saya juga menyatakan bahwa MEMANG ADA umat Muslim yang bergabung atau fans organisasi teror berkedok jihad ini. Solusi untuk masalah ini, dalam pandangan saya, ada di dua level ini: kita menyebarluaskan pemahaman antiradikalisme tapi juga memahami peran AS & Israel dalam proyek terorisme ini. Jadi, beda ya, dengan "pejuang antiradikalisme" versi genk Tel Aviv, yang sok iye aja teriak-teriak soal "toleransi," tapi giliran terorisme Israel dikritik, mereka berbalik ngatain saya "pendukung terorisme Hamas." Yang mau mempelajari apa yang terjadi di Suriah, bagaiman peran para "jihadis" dan AS dan Israel, baca buku saya, unduh di

Dina Sulaeman

13,338 Aufrufe โ€ข vor 6 Monaten

๐—ฆ๐—˜๐— ๐—•๐—ข๐—ฌ๐—”๐—ก ๐—ฃ๐—”๐—ก๐—š๐—š๐—œ๐—Ÿ ๐—ž๐—˜๐—ฅ๐—๐—” ๐—•๐—˜๐—ฅ๐—ฆ๐—”๐— ๐—” ๐——๐—œ ๐—ฃ๐—ฅ๐—ก ๐—๐—ข๐—›๐—ข๐—ฅ: ๐—๐—”๐—ก๐—š๐—”๐—ก ๐— ๐—˜๐—ก๐—ฌ๐—˜๐—ฆ๐—”๐—Ÿ ๐— ๐—”๐—ฆ๐—จ๐—ž ๐—•๐—˜๐—ฅ๐—ฆ๐—”๐— ๐—”, ๐—ฆ๐—˜๐—ž๐—”๐—ฅ๐—”๐—ก๐—š ๐—ž๐—˜๐—ก๐—” ๐—ฃ๐—”๐—ฆ๐—”๐—ก๐—š ๐—•๐—˜๐—ก๐——๐—˜๐—ฅ๐—” ๐—ฃ๐—”๐—ฆ๐—”๐—ก๐—š ๐—•๐—”๐—ก๐—ก๐—˜๐—ฅ Bila kami perkenalkan BERSAMA sebagai parti yang flat structure, tidak ada lapisan bahagian, cawangan dan lain-lain, saya faham bila ramai yang mengkritik. Kritikan itu ada asasnya sebab parti politik kena masuk pilihanraya. Bila masuk pilihanraya kena ada jentera. Lapisan bawah macam bahagian dan cawangan inilah yang bawa orang jadi jentera. Kalau tak de lapisan bawah macam bahagian dan cawangan, macam mana nak ada jentera? Tapi kami mahu membina BERSAMA sebagai parti masa hadapan dengan inovasi untuk masa depan yang boleh selesaikan beberapa masalah kronik dalam politik negara. Masalah paling kronik adalah rasuah dan orang politik ialah punca utama rasuah. Bila ada lapisan bawah seperti bahagian dan cawangan, ada kepala. Bila mereka kena gerakkan orang untuk buat tugasan seperti pasang bendera, pasang khemah, dulu-dulu saya ingat semua ni secara percuma. Kemudian belanja minum saja. Lama-lama, jadi berbayar. Budaya ini menyebabkan politik jadi mahal kerana semangat sukarelawan itu telah pupus. Buat kerja bukan sebab niat mahu berjuang, tetapi berju-WANG! Yang dekat atas, mereka turun kempen sebagai bangsa-WANG sahaja. Pengiring ramai, dayang-dayang dan hulubalang ke hulu hilir. Bila turun, semua mesti tersedia. Orang mesti ramai. Mesti jerit-jerit sokong. Siapa yang berjaya tunjukkan dia boleh buat sehebat mungkin, orang seramai mungkin, yang ini ada kabel besar dengan pemimpin di atas. Semua ni perlukan wang. Budaya ini melahirkan warlords politik di setiap lapisan yang perlukan duit. Sebab itu kena jadi kerajaan dan wakil rakyat, untuk bayar balik pelaburan berbelanja masa kempen. Atau untuk terus kekal berpengaruh di peringkat masing-masing, perlu duit untuk bayar warlords di setiap lapis. Ini isu utama saya dalam politik. Saya menentang budaya ini dari hari pertama. Saya pun bendul masa muda-muda, saya ingat dah nama reformasi budaya ini mesti dikekang lah. Tapi orang akan beritahu saya, kau ingat kau sorang saja cerdik. Ini cara politik di Malaysia, memang perlukan duit. Cuma yang tak diberitahu kepada saya awal-awal dulu - orang lain buat tak boleh, kita buat tak apa. Sebelum saya mati, saya berharap Nik dan rakan-rakan lain dalam BERSAMA boleh buktikan bahawa kita mampu hapuskan budaya rasuah dalam politik ini. Tapi kita mesti berani ambil risiko. Kita perlu yakinkan ahli parti dan orang ramai bahawa kita perlu kembali kepada semangat gotong royong, jiwa sukarela. Kalau kita percaya kepada sesuatu perjuangan, kita sanggup menyumbang masa, tenaga dan wang kita, tanpa berharap habuan sebab habuan itu datang dalam bentuk pahala. Itu misi BERSAMA dan sekarang kami diuji dalam PRN Johor yang dipanggil sebulan selepas kami lahir. Jadi siapa yang akan pasang bendera, pasang banner bila kita tak bayar jentera? Tak de duit minyak. Semua kena sukarela atas dasar berjuang. Jawapannya: kita semua. Cuma kita nak kena susun secara bersistem, supaya yang sanggup luangkan masa tahu dekat mana nak kutip bendera, jumpa sapa, di mana nak pasang. Tahu dekat mana nak berkumpul, pakai baju apa. Kalau kempen, nak buat apa. Kita tidak perlukan ketua besar nak arahkan semua dan nak bayar kita. Kita semua ketua dan bergotong royong dalam kumpulan kecil kita bila arahan dan maklumat itu jelas. Konsep cantik, sekarang nak diuji dalam PRN Johor. Ada 2 tugas besar yang perlu dipikul oleh kita semua yang bencikan budaya rasuah dalam politik. Ini tanggungjawab saya, Nik, ahli-ahli BERSAMA dan penyokong di seluruh Malaysia. Satu, kita perlu mengiringi calon-calon kita pada hari penamaan calon. Ada 15 calon di 15 pusat penamaan calon. 2 calon di Johor Bahru, 2 di Pulai, 2 di Tebrau, 2 di Pasir Gudang, 2 di Iskandar Puteri, 3 di Kulai, 1 di Kluang dan 1 di Muar. Dua, kita kena pasang bendera cepat-cepat di semua kerusi yang kita bertanding. Setiap satu DUN dalam 8,000 bendera - pusingan pertama pasang bendera mesti bermula sebaik selesai penamaan calon, kemudian pusingan kedua dalam beberapa hari selepas itu. Jadi rancangannya begini: Saya mohon bantuan masa, tenaga dan wang (sebab kena bayar sendiri) ahli-ahli BERSAMA dan penyokong dari seluruh negara untuk hadir ramai-ramai di majlis pelancaran Trak Kancil dan pengumuman calon pada Jumaat malam, 26 Jun di Paragon Market Place, Kampung Baru Majidee, JB. Daftar kehadiran anda dengan imbas kod QR ini atau lawati klik โ€œAcaraโ€. Esoknya, kita akan sama-sama iringi calon-calon BERSAMA ke pusat-pusat penamaan calon di sekitar JB, Tebrau, Pasir Gudang, Pulai, Kota Iskandar, Kulai, Kluang dan Muar. Untuk memastikan agihan yang baik di setiap pusat penamaan calon, anda boleh pilih pusat penamaan calon mana yang anda akan hadir. Kita susun semua ini melalui sistem Kancil yang sekarang ini beroperasi secara web sementara menunggu Apple dan Android Store meluluskan permohonan aplikasi. Ikut langkah-langkah ini. 1. Klik 2. Klik โ€œSertai Kempenโ€ 3. Anda akan lihat laman log masuk ke Komuniti BERSAMA. Jika anda sudah menjadi ahli, klik Ahli. Jika mahu membantu tanpa menjadi ahli BERSAMA, klik Sukarelawan. 4. Masukkan nombor kad pengenalan. Anda akan mendapat OTP di email yang didaftarkan. Jika anda mahu mendapat OTP di telefon pintar, klik โ€œHantar kod melalui SMSโ€ 5. Selepas itu anda akan log masuk ke sistem kempen bersepadu Kancil dan landing page adalah untuk menjadi ejen kira undi atau PACA. Jika anda mahu menjadi PACA, daftar di sini. Semua sumber mengenai PACA ada di sini - video latihan, undang-undang, borang-borang dan dokumen yang perlu dikemukakan untuk kami daftarkan nama anda dengan SPR. 6. Klik โ€œAktivitiโ€ dan anda akan dapat lihat senarai aktiviti kempen pilihanraya. 7. HQ BERSAMA telah senaraikan setiap penamaan calon sebagai satu aktiviti. Anda boleh pilih yang mana anda ingin sertai. Bila kami sudah dapat maklumat di mana pusat penamaan calon bagi setiap kerusi DUN, maklumat ini akan dikemaskini dan anda akan tahu butirannya. Sila sentiasa semak sistem Kancil untuk maklumat terkini. Selepas kita mengiringi calon-calon BERSAMA untuk penamaan calon, aktiviti kempen seterusnya ialah taklimat dan susunan memasang bendera dan bahan kempen untuk DUN itu. Sama juga - setiap aktiviti ini akan terpampang di skrin sistem kempen bersepadu Kancil. Anda boleh pilih untuk sertai dan maklumat - di mana, siapa yang bertanggungjawab dan lain-lain - ada di situ. Setiap sumbangan masa dan tenaga anda akan direkod dan diberikan mata. Setiap bulan, ahli BERSAMA yang paling tinggi mata aktiviti, Insya-Allah saya dan Nik akan raikan. Bila sampai untuk mengundi pimpinan BERSAMA selepas ini, setiap ahli boleh lihat rekod khidmat - baik dari segi aktiviti kempen, jumlah ahli baru yang didaftarkan, capaian content di media sosial dan lain-lain - untuk setiap calon yang bertanding. Dengan cara ini, ahli-ahli BERSAMA ada maklumat yang telus siapa di kalangan kita yang benar-benar bekerja, bukan lagi budaya membodek ketua dan memetik nama ketua untuk naik dalam parti politik. Tapi semua ini yang kita bangunkan untuk melawan budaya rasuah dalam politik, hanya berkesan bila kita dapat buktikannya di PRN Johor. Jadi kita mulakan dengan tiga langkah berikut: 1. Daftar untuk hadir di pelancaran Trak Kancil di Paragon Market Place, Jumaat ini. Jangan daftar saja, make sure hadir juga. 2. Daftar di Komuniti Kancil untuk hadir ke penamaan calon, pilih DUN yang anda akan hadir. 3. Daftar untuk memasang bendera selepas itu. Jika kita berjaya laksanakan perkara ini walaupun BERSAMA tidak ada bahagian atau cawangan, itu petanda awal struktur BERSAMA yang tidak berlapis mampu mencabar struktur warlord parti-parti lain. Insya-Allah, itu sudah jadi satu kejayaan kecil dalam usaha membawa politik yang bersih dari rasuah.

Rafizi Ramli

27,048 Aufrufe โ€ข vor 2 Monaten